Notes on Marketing Class
MARKETING CLASS
Lecturer
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. (www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc.
Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F.
Dr. Kirbandoko, M.S.M.
Dr. Ir. Mukhammad Najib, M.M.
1. Produk
:
Strategi Bank Muamalat dalam pemberian merk menggunakan
strategi “Nama perusahaan yang dikombinasikan dengan merk produk individual”
(Buku Pemasaran Strategik, Editor Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc, hal.57). Strategi
ini dimaksudkan agar lebih memudahkan nasabah dalam mengidentifikasi “Product
Owner” pada saat nasabah melihat nama produk yang ditawarkan. Langkah ini
diambil karena banyaknya produk perbankan sejenis dari bank pesaing baik
konvensional maupun syariah.
2. PRICE :
Dalam
menetapkan harga Bank Muamalat berorientasi pada persaingan (Buku Pemasaran Strategik,
Editor Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc, hal.67). Tujuan dari penetapan harga
ini agar :
a. Dapat menyaingi pesaing
Bank
Muamalat akan memberlakukan harga sesuai dengan harga yang berlaku di pasar,
dengan maksud agar tingkat kompetitive menjadi ketat sehingga masyarakat di
tawarkan pada pilihan yang lebih menarik. Harga yang ditawarkan adalah harga
yang tepat dan selalu disesuaikan dengan perkembangan harga di pasaran.
b.
Persaingan bukan harga
Bank
Muamalat berusaha menghindari persaingan harga dengan tidak menurunkan harga
produk, karena penurunan harga produk biasanya akan diikuti oleh penurunan
harga dari produk pesaing. Untuk menarik nasabah Bank Muamalat menawarkan
program hadiah dan cinderamata, serta pada periode menawarkan program diskon
belanja penggunaan kartu ATM/debet.
c. Kepemimpinan kualitas produk
Dengan tag-line “Bank
pertama murni syariah” Bank Muamalat berusaha agar produknya dipandang dan
dipersepsikan sebagai produk yang berkualitas diantara perbankan syariah.
3. PLACE
Dalam memasarkan dan melayani nasabah, perusahaan harus
melakukan pertukaran antara biaya distribusi, pelayanan konsumen, dan
penjualan. Dimana sebagian konsumen meyukai pelayanan yang sangat baik dengan
biaya yang relatif rendah atau terjangkau (Buku Pemasaran Strategik, Editor
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc, hal 101). Kondisi tersebut sangat sulit
dipenuhi karena pelayanan yang baik membutuhkan biaya yang besar.
Dalam melakukan operasionalnya Bank Muamalat berstrategi selain melakukan direct selling melalui penyebaran kantor pelayanan di seluruh Indonesia dan satu-satunya Bank Syariah Indonesia yang membuka kantor cabang di Luar negeri, juga bekerjasama dengan pihak eksternal melalui konter pembayaran online (Gerai Muamalat) agar dapat menjangkau pelayanan ke seluruh lapisan masyarakat hingga daerah pedesaaan. Tentunya dengan memperhatikan dan memberlakukan standarisasi pelayanan, bahkan sudah diakui oleh lembaga survei nasional maupun internasional meraih hingga 70 award bergengsi selama 5 tahun terakhir.
4. PROMOTION
Salah
satu strategi pemasaran yang dilakukan adalah komunikasi hubungan masyarakat
dan publisitas yaitu mode komunikasi untuk membangun citra perusahaan yang
intensif dengan berbagai pemangku kepentingan sehingga dapat mempengaruhi
secara positif cara pandang mereka terhadap perusahaan (Buku Pemasaran
Strategik, Editor Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc, hal.143). Salah satu lembaga
sosial binaan Bank Muamalat adalah Baitulmaal, melalui program CSR perusahaan
mengkomunikasikan berbagai kegiatan sosial kepada masyarakat untuk membangun
citra betapa perhatian dan pedulinya perusahaan pada masalah sosial.
5. PROCESS
Dalam mengidentifikasi kebutuhan konsumen, kenyamanan
ruang, keragaman produk dan dukungan layanan adalah tiga dari enam faktor yang
dibutuhkan konsumen dari jasa yang dihasilkan
(Buku Pemasaran Strategik, Editor Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc,
hal.108). Bank Muamalat menjawab tantangan itu melalui Layanan yang ditawarkan
sudah mencakup seluruh jenis layanan yang ditawarkan pesaing
6. PEOPLE
Seiring
dengan ketatnya persaingan dalam dunia perbankan, dimana selain harus bersaing
dengan bank-bank syariah, Bank Muamalat juga harus berhadapan dengan Bank besar
konvensional yang ada. Untuk itu Bank Muamalat terus mengembangkan struktur
organisasi dengan membentuk divisi baru untuk mensupport kecepatan pelayanan
dengan pemenuhan sumber daya manusia dan peningkatan kualifikasi pegawai
khususnya dengan penguatan pegawai pemasaran.
7.
PHYSICAL ENVIRONMENT
Dengan
semakin kompleksnya jenis traksaksi perbankan, diperlukan inovasi dan
pengembangan produk yang dapat menjawab tantangan tersebut. Bank Muamalat
menjawab kebutuhan tersebut melalui pelayanan yang menawarkan kemudahan kepada
nasabah dengan kebutuhan khusus tersebut diantaranya melalui layanan Cash
pick-up and delivery, Muamalat cash management, Jasa layanan escrow, dan
Corporate debit card.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar